Thursday, January 17, 2013

JAKARTA BANJIR..!!

Sudah bukan rahasia lagi jika Jakarta merupakan langganan banjir, baik itu banjir yang sudah bisa diprediksi seperti banjir 5 tahunan atau banjir yang tidak bisa diprediksi seperti hari ini.


JAKARTA LUMPUH. Sudah 2 hari ini hujan turun cukup deras mengguyur beberapa wilayah Jakarta, puncaknya sejak semalam hujan kembali turun hingga siang ini. Beberapa tanggul yang membendung Jakarta pun jebol, meluberkan air yang ditampung hingga memenuhi berbagai jalanan ibukota. Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin yang menjadi jalan protokol di ibukota lumpuh total. Beberapa bangunan seperti UOB Plaza terkena dampak parah, 3 lantai basement di UOB Plaza yang dipenuhi toko dan juga kantor dipenuhi air berwarna coklat.

Beberapa mobil nampak mogok karena memaksa menerjang banjir yang cukup tinggi pada beberapa ruas jalan. Jakarta oh Jakarta, kota yang selalu dibangga-banggakan sebagai tempat mencari nafkah harus merasakan kemarahan alam. 

Tidak bisa serta merta menyalahkan alam dalam kondisi ini, alam tidak lah salah, manusia lah yang salah. Lihatlah bagaimana Jakarta kekurangan Ruang Terbuka Hijau, berbagai RTH yang tersedia diubah menjadi bangunan beton tanpa resapan air yang baik. Perilaku cuek dan tidak peduli sebagian masyarakat warga Jakarta yang kerap membuang sampah tidak pada tempatnya menambah parah situasi ini.

Malu rasanya saat teman dari Malaysia menanyakan kabar Jakarta yang digenangi banjir yang mereka lihat pada berita-berita. 

Mudah-mudahan warga Jakarta cepat sadar dan semakin peduli terhadap lingkungan dengan adanya bencana ini. Di bawah ini gambar banjir yang saya ambil dari berbagai sumber :

Bunderan HI


Bunderan Monas

Jalan Sudirman

2 comments:

  1. Semoga jadi pelajaran dan semoga ada perbaikan dan persiapan untuk menghadapi banjir tahun depan.

    ReplyDelete
  2. Pasalnya, tabiat membuang sampah susah diubah dan tidak ada kesadaran jika banjir ini ya akibat sampah juga :)

    ReplyDelete

My TripAdvisor